Kamis, 30 November 2023

BAB I INFORMATIKA DAN PEMBELAJARANNYA

 

Tujuan Pembelajaran 
Pada bab ini, peserta didik akan diajak merefleksikan kembali materi mata pelajaran Informatika kelas VII, dan mendapatkan gambaran umum mengenai materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran Informatika kelas VIII. 

Pertanyaan Pemantik 
Apakah kalian sudah pernah mencoba mempelajari Informatika melalui sebuah permainan, baik permainan yang menggunakan komputer maupun tidak? Ceritakan pengalaman kalian dan hal apa yang kalian pelajari dari permainan tersebut!

Peta Konsep 


Apersepsi

Apa yang kalian rasakan setelah mempelajari Informatika pada kelas VII? Menarik, bukan? Ternyata, belajar Informatika tidak selalu harus menggunakan komputer! Justru dengan memerankan diri sebagai komputer atau robot, kita mengalami dan memahami fungsi sistem komputasi. Pada materi kelas VII, kalian sudah belajar bahwa konsep Informatika ternyata dipakai dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, di kelas VIII ini, kalian akan memperdalam pemahaman kalian mengenai Informatika dengan cara yang selaras dengan apa yang kalian alami pada kelas VII, yaitu bahwa mempelajari Informatika ternyata bukan hanya hal praktis menggunakan komputer.

Namun, kalian perlu bermain, mengalami, berpikir, melakukan refleksi, merenung tentang aspek keilmuan yang melatarbelakangi komputer. Yuk, kita lanjutkan petualangan kita untuk belajar Informatika!


Materi

A. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

B. Cara Belajar Informatika

C. Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII

D. Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas VIII?

E. Apa Harapan Guru?

F. Pemaknaan dan Kualitas Hasil belajar

G. Refleksi dan Rencana Kegiatan

0 komentar:

Posting Komentar

8.C. Cyberbullying

  Cyberbullying adalah perundungan di dunia maya menggunakan media digital. Perundungan adalah perilaku agresif yang dilakukan oleh seseoran...