Tujuan Pembelajaran
Pada bab ini, terdapat konsep-konsep Informatika yang dibungkus dalam bentuk soal cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Secara khusus, pada materi kelas VIII, setelah peserta didik mempelajari materi ini, peserta didik mampu mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya.
Pertanyaan Pemantik
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai permasalahan dan kita sering menyelesaikan masalah tersebut. Permasalahan yang kita temui tersebut kita selesaikan dengan urutan-urutan langkah sebagai implementasi dari konsep pengenalan pola dan algoritma dalam kehidupan sehari-hari. Dapatkah kalian menyebutkan contoh-contoh implementasi konsep pengenalan pola dan algoritma dalam kehidupan sehari-hari?
Peta Konsep
Apersepsi
Menurut kalian, bagaimana cara kerja komputer sehingga komputer dapat membantu manusia untuk menyelesaikan beberapa masalah dalam kehidupan sehari-hari?
Materi
A. Fungsi
B. Himpunan dan Sistem Bilangan
C. Algoritma
D. Struktur Data
Lembar Aktivitas Peserta Didik
LKPD_AI Aktivitas BK-K8-01-U: Mesin Pembentuk Kue
LKPD_AI Aktivitas BK-K8-02-U: Pupuk Ajaib
LKPD_AI Aktivitas BK-K8-03-U: Konversi Bilangan Desimal menjadi Bilangan Biner dan Oktal
LKPD_AI Aktivitas BK-K8-04-U: Konversi Bilangan Biner dan Oktal menjadi Bilangan Desimal.
0 komentar:
Posting Komentar