Selasa, 28 November 2023

BAB II BERPIKIR KOMPUTASIONAL

 

Tujuan Pembelajaran

Pada bab ini, terdapat konsep-konsep Informatika yang dibungkus dalam bentuk soal cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Secara khusus, pada materi kelas VIII, setelah peserta didik mempelajari materi ini, peserta didik mampu mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya.


Pertanyaan Pemantik

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai permasalahan dan kita sering menyelesaikan masalah tersebut. Permasalahan yang kita temui tersebut kita selesaikan dengan urutan-urutan langkah sebagai implementasi dari konsep pengenalan pola dan algoritma dalam kehidupan sehari-hari. Dapatkah kalian menyebutkan contoh-contoh implementasi konsep pengenalan pola dan algoritma dalam kehidupan sehari-hari?


Peta Konsep

Gambar 2.1 Peta Konsep Berpikir Komputasional

Apersepsi

Menurut kalian, bagaimana cara kerja komputer sehingga komputer dapat membantu manusia untuk menyelesaikan beberapa masalah dalam kehidupan sehari-hari?


Materi

A. Fungsi

B. Himpunan dan Sistem Bilangan

C. Algoritma

D. Struktur Data


Lembar Aktivitas Peserta Didik

LKPD_AI Aktivitas BK-K8-01-U: Mesin Pembentuk Kue

LKPD_AI Aktivitas BK-K8-02-U: Pupuk Ajaib

LKPD_AI Aktivitas BK-K8-03-U: Konversi Bilangan Desimal menjadi Bilangan Biner dan Oktal

LKPD_AI Aktivitas BK-K8-04-U: Konversi Bilangan Biner dan Oktal menjadi Bilangan Desimal.

LKPD_AI Aktivitas BK-K8-05-U: Belajar Menyulam

LKPD_AI Aktivitas BK-K8-06-U: Teka Teki Operasi Perhitungan

0 komentar:

Posting Komentar

8.C. Cyberbullying

  Cyberbullying adalah perundungan di dunia maya menggunakan media digital. Perundungan adalah perilaku agresif yang dilakukan oleh seseoran...