Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, peserta didik akan mampu:
- memahami struktur dari konten dan fitur utama aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan presentasi.
- membuat laporan dengan menyalin dan memindahkan konten dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang dirancang sebagai satu paket aplikasi, yaitu aplikasi perkantoran.
- merangkum bacaan digital yang sifatnya bukan seperti buku kertas, dan
- memanfaatkan beberapa laboratorium virtual untuk belajar berbagai mata pelajaran lainnya.
Pertanyaan Pemantik
Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita pernah menggunakan gunting, pisau dan cutter. Ketiga alat ini bisa digunakan untuk memotong kertas, tapi dengan teknik yang berbeda. Namun, jika kita diminta untuk memilih hanya satu dari ketiga perkakas tersebut, perkakas apa yang paling tepat untuk mengupas dan memotong mangga?
Peta Konsep
Apersepsi
Ketika membuat sebuah laporan yang isinya bukan hanya teks, kita harus memilih aplikasi yang digunakan. Setiap aplikasi mempunyai keunggulan untuk memproses jenis konten tertentu. Oleh sebab itu, untuk menghasilkan pekerjaan yang optimal, terbaik dan lebih menarik, kita perlu memahami struktur konten aplikasi dan fungsi/fitur utamanya.
Materi
A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi
B. Pembuatan Laporan
C. Merangkum Narasi dari Konten Digital
D. Laboratorium Maya
Lembar Aktivitas Peserta Didik
LAPD_AI Aktivitas TIK-K8-01: Eksplorasi Berbagai Format File
LAPD_AI Aktivitas TIK-K8-02: Eksplorasi Salin dan Tempel pada Aplikasi Perkantoran
LAPD_AI Aktivitas K8-TIK-03: Eksplorasi fitur utama aplikasi pengolah kata
LAPD_AK Aktivitas K8-TIK-04: Membuat Laporan Dokumentasi Program dengan Aplikasi Pengolah Kata
LAPD_AK Aktivitas K8-TIK-05: Membuat Laporan Kegiatan dengan Aplikasi Pengolah Kata
LAPD_AI Aktivitas K8-TIK-06: Menelaah dan Bereksperimen dengan Bacaan Digital
LAPD_AI Aktivitas TIK-K8-07: Eksplorasi Laboratorium Maya
0 komentar:
Posting Komentar