Rabu, 08 November 2023

BAB IV SISTEM KOMPUTER - A. Komponen Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer terdiri atas tiga komponen, yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware). Alur kerja sistem komputer dapat dianalogikan dengan sistem pencernaan manusia.

Ketika lapar, manusia akan makan makanan yang tersedia, hal ini bisa dianalogikan sebagai masukan data bagi komputer. Setelah masuk dari mulut, kemudian makanan berjalan ke kerongkongan, dan seluruh kandungan yang ada dalam makanan seperti protein, karbohidrat, dan sebagainya akan dipecah
dan dipisahkan di lambung. Sama halnya, ketika data sudah masuk, langkah selanjutnya akan diproses di alat pemrosesan. Ketika makanan lepas dari lambung, selanjutnya, masuk ke usus halus. Sisa makanan yang tidak dapat diproses akan dibuang atau dikeluarkan. Proses yang sama terjadi ketika data
sudah diproses, selanjutnya, disimpan di alat penyimpanan. Setelah data selesai disimpan, hasilnya berupa informasi dapat dikeluarkan menuju ke alat keluaran. Alur ini ditunjukkan pada Gambar berikut:
Alur Sistem Komputer
Sumber: Buku Paket Informatika Kelas 8

Komponen Sistem Komputer:
1. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras merupakan peralatan fisik dari sebuah komputer yang dapat disentuh dan dipindahkan. Perangkat keras terdiri atas empat bagian, yakni, perangkat bagian masukan (input device), perangkat bagian keluaran (output device), perangkat bagian pemrosesan (processing), dan perangkat bagian penyimpanan (storage device).
a. Perangkat Masukan (Input)
Contoh yang populer dari perangkat bagian masukan (input device) ialah tetikus (mouse) dan papan ketik (keyboard). 

Gambar Keyboard dan Mouse
Sumber: www.quietpc.com

Contoh lainnya seperti microphone untuk memasukkan suara ke komputer. Ada sensor layar sentuh (touch screen) yang juga menjadi alat input untuk ponsel pintar (smartphone) atau jam pintar (smartwatch). Contoh perangkat pintar untuk alat masukan lainnya seperti smartwatch dengan sensor giroskop untuk menangkap gerakan tangan, atau smart tv yang memiliki sensor inframerah (infrared) untuk ditangkap remote control.

Gambar Smartwatch
Sumber: www.engadget.com

b. Perangkat Keluaran (Output Device)
Contoh perangkat keluaran yang umum ialah monitor, speaker, dan printer. Contoh lainnya ialah antena pada ponsel pintar yang mungkin jarang kita sadari. Antena tersebut menghasilkan keluaran berupa gelombang radio yang dapat diterima oleh BTS (Base Transceiver Station) dari provider telekomunikasi. 
Gambar Monitor, printer dan speaker
Sumber: www.abdillahrxpl.wordpress.com


Contoh pada robot yang dapat bergerak, aktuator lengan (arm actuator) yang ada pada robot tersebut juga dapat berlaku sebagai alat keluaran, yakni menghasilkan gerakan mekanis. Contoh lainnya ialah saat menggunakan sebuah remote untuk mematikan atau menghidupkan sebuah perangkat, misalnya tv, AC, dan bahkan untuk membuka pintu pagar.
Gambar Smart TV dan remot
Sumber: www.id.aliexpress.com


c. Perangkat pemrosesan (processing device)
Bagian utama dari perangkat pemrosesan ialah prosesor yang berfungsi sebagai otak dari sebuah komputer. Prosesor terdiri atas tiga bagian berikut.
  1. Unit kontrol (Control Unit): merupakan bagian prosesor yang bertugas untuk mengendalikan perangkat yang terpasang pada komputer, dari alat input, output, dan penyimpanan.
  2. Unit aritmatika dan logika (Arithmetic Logic Unit): merupakan bagian prosesor yang dapat mengolah data aritmatika dan data logika.
  3. Register: merupakan sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses.
Ketika kita bermain game, saat menggerakkan karakter atau objek di layar dengan mouse atau ketukan papan kunci, komponen dalam alat pemrosesan inilah yang dapat memproses gerakan mouse dan ketukan jari pada keyboard yang kita lakukan agar permainan dapat berjalan.
Contoh lain yaitu pada saat mendengarkan musik melalui aplikasi di ponsel, alat pemrosesan ini yang akan membaca daftar lagu (playlist) yang sudah disusun, lalu mengirimkan sinyal suara ke earphone atau headset sehingga kita dapat mendengarkan musiknya.
Komponen alat pemrosesan ini juga yang dapat mampu memproses gerakan swipe jari kita ketika membuka aplikasi sosial media, hingga melakukan unggahan foto ke teman-teman atau follower yang dimiliki. Contoh komponen komputer yang lainnya ialah power supply, baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semi-conductor), hard disk, dan sebagainya.

d. Perangkat penyimpanan (Storage Device)
Contoh perangkat untuk menyimpan data digital yang ada pada umumnya adalah harddisk dan flashdisk. Untuk menyimpan salinan isi flashdisk atau harddisk agar kalau rusak data penting di dalamnya tetap selamat, kita bisa mencoba penyimpanan awan atau cloud computing. 

Gambar Harddisk (HDD), HDD external, SSD dan flashdisk
Sumber: internet

Di lingkungan cloud computing, kita dapat menyimpan data, mengaksesnya melalui jaringan internet pada ponsel pintar, atau laptop di lokasi yang berbeda-beda. Dengan penyimpanan awan, kita dapat melakukan editing data dalam waktu bersamaan melalui aplikasi pengolah angka, misalnya. Lalu, hasilnya akan disimpan di media penyimpanan awan secara otomatis, seperti Google Drive, OneDrive, DropBox, dan sebagainya.
Selain mengamankan data, tempat penyimpanan di awan memungkinkan kita berkolaborasi untuk mengedit file yang sama.

Gambar Cloud Storage 


2. Perangkat Lunak (Software)
Software terdiri atas tiga kategori, yaitu: sistem operasi, perangkat lunak aplikasi, dan perangkat lunak pemrograman. Software berisi perintah atau instruksi untuk menjalankan komputer. Tanpa adanya software, komputer tidak dapat difungsikan. Sistem operasi merupakan salah satu perangkat lunak sistem yang paling penting. Pada bagian ini, perangkat lunak sistem yang dibahas hanya sistem operasi.
a. Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain berinteraksi dengan perangkat keras. Contoh umum dari software sistem operasi adalah untuk PC antara lain Windows, Linux, DOS (Disk Operating Systems), Unix, Solaris, MacOS, sedangkan untuk ponsel
antara lain Android, iOS. Sistem operasi mendasari kinerja perangkat lunak lainnya. Sistem operasi berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen sumber daya (resource) yang dimiliki hardware dan software komputer, manajemen proses, dan mengawasi serta melindungi jalannya sebuah program. Cara kerja sistem operasi setelah pengguna memberikan perintah untuk menjalankan sebuah program adalah :
  • Mengirim data file atau bisa juga instruksi dari program tersebut ke memori.
  • Kemudian setelah program dijalankan, maka program tersebut akan meminta sistem operasi untuk menyalin data yang diperlukan dari disk menuju memori.
  • Lalu sistem operasi akan menjalankan kontrol terhadap program tersebut, dan melanjutkan ke proses sistem komputasi yang diinginkan pengguna
  • Ketika proses sistem komputasi sudah selesai, maka hasilnya dapat disajikan di alat keluaran, seperti monitor.
b. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi, atau biasa disingkat menjadi aplikasi, merupakan perangkat lunak yang dijalankan pada sistem operasi. Aplikasi adalah program komputer siap pakai yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Berbagai contoh program aplikasi di antaranya seperti berikut:
  • Pengolah kata (word processor) : Notepad, Wordstar, Microsoft Word, Word Perfect, AmiPro, dan sebagainya
  • Pengolah lembar kerja (spreadsheet) : Lotus123, Microsoft Excel, QuattroPro, OpenOffice Calc, dan sebagainya
  • Pengolah basis data (database) : Microsoft Access, dBase, MySQL, SQL Server, dan sebagainya
  • Presentasi: Microsoft PowerPoint, LibreOffice Impress, Powtoon dan sebagainya
  • Peramban internet dan aplikasi pesan: Microsoft Edge, Google Chrome, Opera Mini, Whatsapp, Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Telegram, dan sebagainya
  • Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, Canva, Pixlr, PicsArt, Adobe Illustrator, dan sebagainya
  • Multimedia: GOM Player, iTunes, dan sebagainya

c. Perangkat Lunak Pemrograman
Jika perangkat lunak aplikasi dirancang untuk pengguna, dan sistem operasi dirancang untuk komputer atau perangkat seluler, perangkat lunak pemrograman ditujukan untuk programmer dan pengembang komputer yang menulis kode sumber. Perangkat lunak pemrograman adalah program yang digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya. Contoh perangkat lunak pemrograman adalah C++, Visual Basic, Scratch, Python, Pascal, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

8.C. Cyberbullying

  Cyberbullying adalah perundungan di dunia maya menggunakan media digital. Perundungan adalah perilaku agresif yang dilakukan oleh seseoran...